“Will You Marry Me” di Satu Tahun D3M Mataram

  • Screenshot_2018-11-26-10-52-31-632_com.whatsapp-picsay
  • IMG_20181126_120255
    AktifitasTrauma Heling dari Kaka-kaka D3M Mataram pasca bencana Gempa Lombok.
  • IMG_20181126_120329
  • IMG-20180630-WA0012-picsay
    Pertemuan dan Silaturrahmi dengan Perwakilan PMD BNPT
  • IMG_20181126_120111
    D3M Dalam acara Pelatihan Lanjutan Duta Damai Indonesia

Prologue

Duta Damai Dunia Maya Regional Mataram Resmi terbentuk pada 28 Oktober 2017. Ditandai dengan dilatih serta dilantiknya 60 orang putra putri ter”oowuuwooo” se NTB melalui penjaringan yang ketat Yang dilakukan divisi PMD Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Tentu yang terjaring adalah mereka yang mempunyai skill dibidang Blogger, Desain Komunikasi Visual (DKV) Dan IT.

D3M Dalam acara Pelatihan Lanjutan Duta Damai Indonesia

Pada masa pelatihan 60 orang tersebut dibagi menjadi 5 Kelompok terdiri dari: pertama, Mayung Duta Damai dengan filosofi kelincahan, kecerdikan dari seekor Mayung (Rusa) yang juga merupakan lambang Provinsi NTB. Tim kedua yaitu Sasambo Duta Damai, Sasambo merupakan akronim dari 3 suku di NTB yaitu Sasak, Samawa dan Mbojo. Ketiga, Tim Berugak Duta Damai filosofi berasal dari nama Berugak yaitu bangunan khas yaitu Gazebo Lombok sebagai tempat berkumpul Dan berdiskusi. Ke Empat, Tim Mandalika Duta Damai, tentu legenda Putri Mandalika sudah tidak asing lagi dong ya kalian baca apalagi sang Putri selalu dikaitkan dengan tradisi “Bau Nyale” di pesisir pantai Selatan Lombok. Ke Lima, Tim Pepadu Duta Damai, Pepadu sendiri adalah nama petarung, aktor dalam tradisi adu ketangkasan yang disebut “Perisaian/Peresean. Dan, pada momen Duta damai ini kata Pepadu juga Kami akronimkan menjadi “Penebar Perdamaian Dunia” Yang sekaligus menjadi misi kami.

Nah… Pasca Pelatihan tingkat Lanjutan Yang diadakan di Jakarta yaitu sebanyak 25 orang Yang dikirim pada Bulan Desember 2017, Kami bersepakat untuk membentuk Tim Regional Mataram dengan nama sederhana namun ributnya luarbyasa yaitu “D3M Mataram” yang dikoordiinir oleh Kakak Febrian Putra.

Nah…. Tentu perjalanan Dari mulai seleksi, pelatihan dasar, pelatihan Lanjutan sampai pada Satu Tahun perjalanan D3M Mataram dengan berbagai kegiatan online (Dunia Maya) Dan offline (di lapangan, sekolah-sekolah, pesantren live radio, tv lokal, kampanye Perdamaian dll) tidak lepas dari beberapa momen dramastis. Mau tau apa saja? Yuk… Lanjut bacanya..

1. GAK KENAL WAKTU KALAU SUDAH JANJIAN KETEMU

Pertemuan Kami tidak rutin, lebihbanyak insidensil. Subuh hari pas sedang khusyuk-khusyuknya zikir atau, jelang sarapan tiba-tiba “tingtong” pesan What’s App Group masuk “Teman-teman nanti sore meet up yuk…persiapan acara.. bla..bla..bla..” Dan ditentukanlah tempat yg disepakati Yang pastinya bisa sambil ngopi-ngopi, kadang disitulah Bu Menteri Keuangan kami, yaitu Kaka Asmak Abdurrahman kebingungan mengecek daftar pesanan haha…

Pertemuan dan Silaturrahmi dengan Perwakilan PMD BNPT

2. TEROR ACARA DADAKAN

Kadang ada juga pengalaman tiba-tiba ada Yang share Undangan mendadak dengan berita “Guys..ada Undangan jadi peserta acara ini” eh… Pas kita buka Undangannya duh…acara 15 menit Akan mulai.. jadilah seeing ada pengalaman hadiri Undangan dengan motto “Cintai Alam Tanpa Air di Buang Berlebihan” (aslinya sih..gak Mandi)

Atau ada juga momen pas lagi asik-asiknya tidur, mager eh… Tiba-tiba “tingtong” “Gesss… Ada Yang bisa ngisi acara di…bla..bla..bla..” maka terhadap drama penunjukab langsung via group WA untuk anggota yang sempat mengisi acara. Yang sering Dramatis itu..hika kandidat sudah ketemu, walaaah… Acaranya H-1, kadang disanalah kami merasa sepertinya perlu mempersiapkan slide presentasi kolektif terkait isu perdamaian, pelatihan penulisan, Bloger, atau materi tekhnis vidio, DKV dll yang bisa diakses sewaktu-waktu oleh anggota jika ada Undangan insidensil .

3. SIAP MENTAL JADI RELAWAN

Nah..pada tau dong ya..kejadian bencana gempa yang melanda Lombok-Sumbawa sejak Juli-Agustus lalu? Duh… Disitulah kami yang kadang merasa menjadi korban (panik) serta merta juga harus turun lapangan terjun ke lokasi lokasi terdampak gempa sekaligus menggalang donasi via jaringan dan media sosial. Alhamdulillah sejak penggalangan Dana pada Bulan Agustus lalu, para Donatur Yang mempercayakan donasi melalui Duta Damai Regional Mataram terkumpul kurang lebih 238.455.000 tersalurkan melalui Dapur Umum Posko Terpadu Kolaborasi dengan LBH Reform  (Kegiatan Seminggu pasca bencana) setelah itu menyalurkan paket sembako, air minum Dan paket kesehatan untuk Rumah Tangga ada juga paket tenda Dan sekolah darurat, paket snack anak, buku bacaan, kitab, alat tulis, papan, untuk sekolah dan TPA. Serta melakukan aktifitas trauma healing bagi para penyitas bencana.

AktifitasTrauma Heling dari Kaka-kaka D3M Mataram pasca bencana Gempa Lombok.

Penyaluran donasi untuk penyitas Gempa

4. ANGGOTA KAMI, SUDAH BANYAK YANG GAK JOMBLO LAGI

Nah…Yang ke Empat ini benar-benar Drama. Selama Satu Tahun ini Kami list dulu ya beberapa orang yang telah mengakhiri masa lajangnya dan sangat baik Masih ingat share Undangan via group, pertama Mbak Baiq Ari (Anggota Tim Berugak Duta Damai) yang akhirnya dipersunting oleh kekasih pujaan hati sekitar Bulan Maret 2018. Selain itu, Kami di Pepadu juga ada Anggota yang super produntif, full aktifitas dan penuh karya, Dia Bro Taufik yang sudah mengakhiri masa lajang pada bulan Juni dan kini tengah menunggu untuk kelahiran Buah Hati wah… Selamat Bro Taufik Rahman.

Dan… Yang Ter Hits disepanjang Tahun 2018 Dan jelang Tahun 2019 adalah …kalimat “Will you marry me” yang diungkapkan oleh Kaka Abdul “Cepi”Rajab (Anggota Tim Mayung Duta Damai) kepada Baiq Hikmatul Hasanah (Pimred Mandalika Duta Damai) waaaaaaah… Ini sebuah kejutan…mengingat masa2 pedekate mereka sepanjang tahun ini mulai dari perkenalan di acara pelatihan awal, masa pendekatan di pelatihan Lanjutan, sampai pada sematan “Relawan Kasmaran di Tengah Bencana Gempa”  widiiihhhh … Ini FTV beuud..

Dan …jangan tanya dong ya.. pada momen rapat-rapat dadakan, ini menjadi semacam agend nge date mereka Yang romantically… Kalau selesai rapat agak malaman..Kaka Cepi dengan siap sedia mengantar Kaka Hikmah pulang. Setelah itu konon Komunikasi berlanjut terus di chatingan… Hmmmmm…

Momen lainnya Tahun ini Kaka Hikmah juga sudah melangsungkan wisuda dengan begitu Kaka Cepi serta merta mengantongi tiket premier mengajaknya menuju pelaminan.. Alhamdulillah…Kami di Duta Damai Dunia Maya senantiasa mendoakan semoga mereka langgeng sampe ajal memisahkan. Nah..kalian penasaran kapan acara ijab kabul dilaksanakan? Tunggu Undangan!! Yang jelas sudah ada caption “COMING SOON” siapkan saja setelan pakaian adat, batik, pakaian pesta, booking salon langganan untuk berhias karena rundown acara dipastikan akan banyak dan berjilid-jilid.

Sekali lagi selamat…dan kita rapat di TKP sekaligus makan-makan..ha ha ha ***

 

 

maia rahmayati

Inaq Millenial Gen #Pepadu Menyukai membaca, masak, traveling dan penganut Mazhab "Garis Lucu"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *