Quote Menggetarkan Dari Si Cepi Bagi Para Jong Cyber Army

Wiih… hebat ya ketua Mayung, konsen sekali menggarap meme, stiker untuk kampanye duta damai“ seruku suatu ketika sambil melongo menyaksikan layar PC i-mac yang berdiri sempurna di atas meja berukuran 75 cm x 2 meter di sudut kamar pengap dengan ornamen pakaian yang menggantung di mana-mana pada tiap sisinya.

Foto tidak semata ilustrasi namun juga barang bukti aktifitas yang bersangkutan (Sumber: akun Facebook Febrian Putra)

“Iya dooong kakaaaa, D3M Mataram sedang on fire neh…” seru pemuda yang belum genap sebulan menyandang gelar Sang Ketua Mayung duta damai tersebut. Dalam tulisan ini, pemuda yang tak ingin diekspose tuntas  sisi lain kehidupannya yang nampak baik-baik saja dan teramat sangat bahagia menikmati masa lajang dengan tumpukan rapi kenangannya,  akrab kita sapa Cepi alias Cepot doank dengan nama lengkap berakronim A.R.A. Jika anda masih penasaran dengan profilenya, disilakan untuk langsung mengkepo belionya sebab tulisan ini bukanlah pengantar media gossip selayaknya cek dan ricek atau on the spot.

Tulisan ini hendak mengupas dua kata inspiratif yang terlontar dari ketua mayung tersebut. Lha kok cuma dua kata? Lah iya… gak usah banyak nanti belionya keenakan ditulis, dikutip  setiap statmen yang meluap-luap yang sering diucapkannya. Kalau sudah begitu bisa gawat,  stabilitas kreatifitasnya bisa terganggu karena kesibukan barunya untuk meladeni wawancara atau bahkan menyeleksi, undangan seminar sebagai mentor motivator bagi generasi muda yang merindukan siraman kata-kata bijaksana, semacam motto hidup misalnya.

Atau, jika setiap quote Cepi ini terlalu fokus dijadikan medan magnet yang dapat saja bermuara pada meme untuk mewakili tiap aktifitas maupun kegalauan hatinya dalam menafsir dunia dan segala kefanaannya, dan itu viral, ribuan orang me-like, share dan mengaminkan meme si Cepi. Maka apa yang akan terjadi? pernahkah kita bayangkan, ketenarannya itu akan menggeser trending topik isu pelaporan terhadap 32 akun penyebar meme “Setnov” . Nah..untuk itulah, agar lebih terarah hajat dari tulisan ini,  kita bahas yang datar-datar saja agar suasana hati kita lebih adem serta selalu berhati-hati, bijaklah bermedia sosial. dua kata tersebut yaitu; Duta damai dan On fire.

Ingat  baris akhir sajak penyair Wiji Thukul berjudul Peringatan menyatakan “Hanya ada satu kata; Lawan!!” maka menafsir kata Thukul dengan aktivitas si Cepi sebagai bagian dari  dari tim Desain, Komunikasi dan Video (DKV) Duta Damai Dunia Maya (D3M) Mataram yang telah di latih oleh BNPT selama empat hari (23-26/ 10/2017) sesungguhnya kalimat itulah pemantik, manifestasi dari semangat berlawan, melawan, hoax,  konten isu sara, radikalisme dan terorisme di dunia maya.

Berkat kelihaian, kemahiran, kreatifitas berpadu aktifitas rutin berselancar di dunia maya, ditunjang  fasilitas infra dan supra struktur, kerja-kerja progresif  mahasiswa yang tengah duduk di bangku smester III jurusan komunikasi Universitas Terbuka tersebut, sudah selayaknya kita optimis bahwa NTB melalui peran duta damai dunia maya akan semakin mampu memperkaya konten positif, sehat dan mengajarkan pada kita untuk senantiasa bijak bersosial media.

Kata selanjutnya yang perlu ditafsir mendalam dari komentar si Cepi adalah “On Fire”. Entah siapa yang mencetuskan istilah viral ke-english-english-an ini pertama kali. Mengapa Cepi tidak menyebut kata-sedang bersemangat- misalnya sebagai ungkapan. Tapi patut kiranya kita apresiasi kemahiran berbahasa si Cepi. Tafsir penulis atas makna kata on fire mengacu pada makna api yang tak padam, panas membara, boleh dikata semangat anak muda yang mendaku kepesertaannya pada pelatihan D3M telah mampu meningkatkan rasa nasionalismenya. Sungguh luarrr biasa bukan?

Kalimat on fire itu pula yang membuatnya bertahan, berlama-lama untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya demi menyelesaikan  tugas desain meme, baligho dan suksesi acara “Sumpah Pemuda, Mayung goes to Mataram Car Free Day” bekerjasama dengan Inspiratif expo, di taman Udayana Kota Matarampada  hari minggu (29/10/2017). Nyaris  disebabkan padatnya aktifitas tersebut si Cepi konon tidak tidur selama 3×24 jam.

Kadang disanalah lirik lagu “ Kak Tuan Haji Roma Irama” yang berjudul Begadang mengingatkan kita bahwa tidur adalah nikmat, hal yang lebih penting dari sekedar berselancar. Laksana pisau bermata dua lirik lagu “begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja…asal ada perlunya begadang memang tiada guna bagi bagi siapa saja yang menghambur-hambur kuota di dunia maya untuk hal-hal yang tak manfaat apalagi sampai lupa tidur lelap. Tapi tidak begitu halnya bagi si Cepi, ia benar-benar menghayati makna, melakukan telaah serta kritik  terhadap penggal lirik lagu Kak Tuan Roma.  Cepi menghibahkan waktu begadang demi menjaga kedamaian dan kemaslahatan di dunia maya.Pemuda positif dan Produktif

Tapi penting diwaspadai, sepanas-panas, sekobar-kobar kalimat “on fire” menyala-nyala dalam semangat Jong jaman now bercontoh pada si Cepi. Begadang yang disertai minimnya stok makanan sehat, kaya nutrisi, vitamin terbukti berdampak fatal bagi tubuh. Pasca begadang itu si Cepi terbaring lemah dihantam meriang dan demam. Ia sempat menduga-duga bahwa demam disertai meriang yang dialaminya adalah tanda-tanda ia terserang penyakit tipes (ini maksudnya penyakit kelebihan tips atau bagaimana Cep?)

Namun bukan pejuang Mayung namanya jika ia harus terpuruk berlama-lama demi menghayati rasa sakitnya itu. Saat Tim Pepadu secara kebetulan menjenguk si Cepi pada Senin sore (30/10) Dengan suara serak namun tetap terdengar berwibawa, kembali si Cepi mengeluarkan statmen yang menggetarkan. Menurut saya, quote itu sangat penting  untuk dibagi,  menjadi rujukan bagi kita semua para pejuang perdamaian dunia maya di manapun berada. inilah quote terkini si Cepi tolong di catat dan kita viralkan “Setangguh tangguhnya Cyber Army begadang, tidak cukup dengan hanya konsumsi Kopi dan Mie. instan.  Tidur juga kewajiban.. intinya SEHAT IALAH KOENTJI..!!” ***

 

maia rahmayati

Inaq Millenial Gen #Pepadu Menyukai membaca, masak, traveling dan penganut Mazhab "Garis Lucu"

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. iqbal berkata:

    Slm kenal bang cepi

  2. Salam kenal muhamad rajab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *