Presiden Toleransi Dari Kaum Sarungan

Opini, Pepadu.dutadamai.id- Indonesia Terlahir Beragam, beragam budaya, bahasa, etnis dan agama. Suatu anugrah bagi bangsa kita yang kaya akan keberagaman, indonesia bisa dikatakan miniatur dunia karna bisa menggambarkan banyaknya pulau dan baragamam suku. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam baground tetap Damai.

Sebagai bangsa yang besar dan beragan tentunya sangat sulit untuk menyatukannya, semangat nasionalisme dan semangat perbedaan yang menjadikan indonesia tetap damai.

Seorang presiden yang paling aneh di dunia yang berasal dari kaum sarungan ( santri red.) abdurrahman wahid yang sering disapa gusdur bisa menyatukan dan menyebar perdamaian di berbagai kepercayaan, kaum minoritas yang sering di kerdilkan selalu menjadi prioritas yang dibela.

Gus Dur, sosok yang menjadi icon Indonesia berdamai telah mendunia dan terkenal ke segala penjuru, beliau tidak berfikir bagaimana layaknya sebagai orang Indonesia namun malah berfikir bagaimana umumnya pemikiran manusia biasa berkembang sesuai dengan kodrat kemanusiaannya, inilah yang sampai sekarang menjadi pembicaraan orang banyak betapa Gus Dur begitu dicintai dan dielu-elukan sedemikian rupa berkat pluralisme dan perdamaian yang beliau gagas baik dalam hal pemikiran maupun praktis berkehidupan sampai beliau menghembuskan nafas pada akhir tahun lalu tepatnya pukul 19.45 wib rabu malam kamis tanggal 30 Desember 2009.

 

Masyarakat Indonesia yang plural, dengan ragam budaya, suku, etnis dan agama serta idiologi merupakan kekayaan tersendiri. Oleh karena itu, keragaman agama, etnis, idiologi ataupun budaya membutuhkan sikap arif dan kedewasaan berpikir dari berbagai lapisan masyarakat, tanpa memandang agama, warna kulit, status sosial dan etnis. Tanpa ada sikap saling curiga dan berprasangka buruk terhadap kelompok lain, kita sebagai bangsa sudah terlanjur majemuk dan konsekuensinya adalah adanya penghormatan atas pluralitas masyarakat itu.

Sang Gusdur yang Lucu selalu mengajarkan bagaimana menjaga toleransi, dengan komunikasi aktif serta tulus dengan orang yang berbeda akan melahirkan rasa nyaman dan damai sehingga bisa menerima perbedaan .

Semoga ada gusdur-gudur baru yang lahir dan membawa perdamaian untuk indonesia tercinta.

#DAMAIITUINDONESIA

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *