Hari Toleransi dan Perdamaian Dunia, Sekedar Pengantar

Tahun 1995 tepatnya pada 16 November ditetapkan sebagai hari Toleransi Internasional, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah mengadopsi Declaration of Principles on Tolerance sebagai suatu deklarasi yang menegaskan pentingnya jaminan serta mempromosikan sikap toleran di seluruh dunia. dan secara resmi diperingati di seluruh dunia setahun kemudian yaitu pada 1996.

Peringatan hari toleransi bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada publik terhadap pentingnya sikap toleran dalam menjaga hubungan  keharmonisan antar masyarakat. sekaligus merupakan penegasan sikap toleransi yang telah disebutkan dalam sejumlah instrument Hak Asasi Manusia (HAM) internasional. Toleransi juga merupakan penghormatan tanpa membedakan latar belakang ras, suku, agama, kepercayaan, warna kulit ataupun orientasi seksual. Hal yang menjadi realitas dalam kehidupan sehari-hari.

Di Indoenesia peringatan Hari Toleransi  dapat menjadi momentum respon keprihatinan terhadap beragam kasus intoleransi,  persekusi, korupsi dan bentuk kekerasan lain yang muncul semakin kuat dan menjadi konsumsi publik khususnya  pada era keterbukaan dan cepatnya laju akses  informasi seperti saat ini.

Pada kasus-kasus intoleran, terkadang sulit membedakan apakah sesungguhnya kita ini adalah “korban atau justru sebagai pelaku”. Kesumiran ini nampak jelas jika kita di hadapkan pada perilaku kita melalui dunia maya. kadang kita dnegan mudah melakukan Share informasi mengenai kejadian/ peristiwa yang terjadi secara nyata namun cukup garang mengeksplorasi tindak kekerasan dengan mem viral wajah korban. Meski dengan catatan, niat kita dalam hal ini adalah untuk bersimpati, namun kita juga tudak menyadari bahwa gambar, atau narasi yang kita buat/ bagikan justru adalah bagian dari tindakan intoleran itu sendiri.***

 

 

maia rahmayati

Inaq Millenial Gen #Pepadu Menyukai membaca, masak, traveling dan penganut Mazhab "Garis Lucu"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *