BNPT dan 60 Pemuda NTB membentuk Cyber Army

Mataram – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tetap konsisten dalam upaya pencegahan aksi Terorisme dan faham Radikalisme. Salah satu program BNPT dalam pencegahan adalah dengan membentuk sebuah komunitas yang diberi nama “DUTA DAMAI DUNIA MAYA”.

Komunitas ini sudah terbentuk di berbagai daerah di Indonesia diantaranya, DKI, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, dan Makasar.

Kasubdit Kontra Propaganda BNPT yang juga Ketua Panitia Pelaksana Kolonel Pas Sujatmiko dalam penyampaian materinya mengatakan, “Radikalisme dan Terorisme terjadi sejak zaman Orde Lama, Orde Baru bahkan di Orde Reformasi ini semakin tidak bisa dikontrol.”

“Propaganda-propaganda Radikalisme dan Berita palsu juga marak disebarkan di Dunia Maya.” tambahnya lagi.

Pemerintah melalui BNPT mencari dan merekrut pemuda-pemuda di daerah NTB untuk dijadikan Duta Damai Dunia Maya.

Melalui Proses rekrutmen terpilihlah puluhan Pemuda dari berbagai bidang keahlian. Pemuda-pemuda ini diharapkan bisa menjadi garda depan dalam melakukan pencegahan Terorisme ataupun faham Radikalisme.

Pelatihan Duta Damai Dunia Maya dilaksanakan di Mataram, tepatnya di Lombok Astoria Hotel dari tanggal 23 sampai dengan 26 Oktober 2017. Puluhan pemuda ini dilatih agar nantinya bisa menjadi “Cyber Army” dalam menangkal propaganda Radikalisme dan Terorisme.

Peserta dibagi dalam tiga bidang yakni Bidang Bloger, IT dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Setelah Pelatihan Para Pemuda ini nantinya bisa menularkan virus perdamaian melalui dunia maya, karena dalam Pelatihan tersebut mereka dilatih membuat sebuah wadah berupa website, social media ataupun social messenger. Mereka akan bekerja sebagai tim cyber yang kompak dan penuh tanggung jawab.

Tidak hanya di dunia maya, di dunia nyata juga mereka dituntut untuk membuat sebuah program contra propaganda yang lebih kreatif.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *